Skip to main content

Inilah Cara Membuat Akun LTMPT 2022 Siswa SMA dan Sederajat

Sistem masuk ke perguruan tinggi negeri memiliki beberapa cara salah satunya adalah SNMPTN dan SBMPTN. Untuk dapat menjadi peserta kedua seleksi masuk tersebut, para siswa harus memiliki akun LTMPT dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Siswa SMA, SMK, dan sederajat angkatan tahun 2020, 2021, dan 2022 memiliki kesempatan untuk bisa mendaftar LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Menurut laman resmi ltmpt.ac.id, untuk proses registrasi akun LTMPT untuk peserta SNMPTN tahun 2022 sudah bisa dilakukan mulai dari tanggal 21 Januari sampai 15 Februari 2022. Untuk proses pendaftaran SNMPTN, siswa bisa melakukannya mulai tanggal 14 Februari sampai 28 Februari. Sementara untuk pendaftaran UTBK SBMPTN, siswa dapat mendaftar mulai dari tanggal 23 Maret sampai 15 April 2022. Hasil seleksi akan diumumkan pada laman resmi LTMPT pada tanggal 23 Juni 2022.

Untuk pendaftaran UTBK SBMPTN para siswa akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum. Jika memilih kelompok campuran maka akan dikenakan biaya pendaftara sebesar Rp 300.000. Biaya pendaftaran UTBK SBMPTN tidak bisa ditarik kembali walaupun anda mengundurkan diri atau tidak mengikuti ujian tersebut.

Untuk anda yang ingin tahu cara melakukan registrasi atau membuat akun LTMPT untuk siswa, berikut ini adalah tutorianya:

Cara Buat Akun LTMPT untuk Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2022

  1. Langkah pertama adalah buka browser pada smartphone atau PC anda, pastikan koneksi anda stabil.
  2. Kemudian, buka laman resmi LTMPT berikut ini https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Kemudian klik atau pilih opsi Daftar.
  4. Pada menu, pilih opsi Siswa.
  5. Masukkan data yang diminta situs LTMPT dengan benar seperti nomor NISN, NPSN, tanggal lahir, dll.
  6. Klik tombol next jika anda sudah mengisi semua data.
  7. Sekarang masukkan email dan password berdasarkan data yang diberikan sekolah.
  8. Klik tombol Daftar pada laman LTMPT.
  9. Sekarang anda sudah berhasil mendaftarkan akun LTMPT anda.
  10. Lakukan proses aktivasi akun melalui email yang anda gunakan untuk mendaftar LTMPT.
  11. Terakhir, setelah akun LTMPT anda aktif, coba untuk melakukan login kembali.

Demikian tutorial cara mendaftar akun LTMPT untuk siswa angkatan 2020, 2021, dan 2022 yang akan mengikuti seleksi SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022. Semoga informasi yang kami berikan bernafaat untuk anda dan jangan lupa untuk kembali kunjungi iqultren.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.
Comment Policy: Please write your comments that match the topic of this page post. Comments containing links will not be displayed until they are approved.
Buka Komentar